PASARTECNO

Setelah Membeli Saham, Apa yang Harus Dilakukan?

pasartecno.com – Pasar saham memang cukup unik dan menarik untuk diperhatikan. Bukan hanya pergerakan harga yang naik turun setiap saat. Namun, perilaku investor pemula juga sering mendapatkan perhatian.

Investor pemula biasanya memulai menabung saham karena ketertarikan terhadap keuntungan besar. Alasan tersebut memang tidak salah karena setiap orang ingin mendapatkan keuntungan besar dari bermain saham.

Namun, kebanyakan orang justru bingung setelah membeli saham harus melakukan apa. Muncul pertanyaan, apakah harus membiarkannya saja atau bagaimana? Oleh sebab itu, bagi investor pemula harus memahaminya dengan baik.

Melakukan Analisa Adalah Hal yang Pertama untuk Dilakukan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan analisa. Setiap tahun, akan ada pembukuan yang mencatat untung rugi sebuah perusahaan. Tugas investor adalah melakukan analisa terhadap laporan keuangan tersebut.

Ketika dalam analisa terdapat indikasi negatif, maka investor bisa memutuskan menjual sahamnya. Namun, bukan berarti harus langsung menjualnya. Untung rugi dalam sebuah perusahaan sebenarnya sangat wajar.

Memperhatikan apakah modal yang didapat mampu memberikan keuntungan besar adalah salah satu yang bisa dianalisa. Jangan sampai perusahaan tidak mampu menggunakan modal tersebut untuk menunjang operasional perusahaan.

Mengikuti Berita yang Selalu Update

Berita adalah salah satu sumber informasi yang sangat penting. Harga sebuah saham bisa ditentukan dari isu yang beredar. Semakin baik isu tersebut, maka harga saham juga akan meningkat.

Baca Selengkapnya:  Memahami Cara Bermain Saham Sebelum Berinvestasi

Dunia ekonomi tidak bisa berjalan stagnan terus menerus. Rencana perusahaan dalam menjalankan kebijakan akan memunculkan sebuah sentimen. Jika kebanyakan adalah sentimen negatif, maka akan merugikan sekuritas sendiri.

Pentingnya mengikuti berita adalah untuk mengetahui informasi dan perkembangan di masa depan. Jangan sampai karena kurangnya informasi, modal yang ditanamkan justru mengendap dan tidak memberikan keuntungan sama sekali.

Menjual Saat Waktu yang Tepat

Faktanya, bermain saham pada dasarnya adalah membeli saat harganya rendah dan menjualnya ketika harganya tinggi. Dari sinilah setiap investor mampu mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Ketika sudah lama menyimpan saham dan ternyata harganya terus naik, maka sebaiknya langsung menjualnya. Tidak menunggu pada titik harga tertinggi karena cukup berisiko. Cukup jual ketika sudah memberikan keuntungan besar.

Bermain saham memang memberikan keuntungan besar. Namun, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Terlebih lagi bagaimana melihat pergerakan harga dan menjualnya ketika memiliki momen yang tepat.

 

 

Deskripsi: bermain saham memberikan keuntungan besar. namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan tersebut, misalnya analisa pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.