Tips Trading Saham Online untuk Pemula Agar Cuan dan Aman

Tips Trading Saham Online untuk Pemula Agar Cuan dan Aman

pasartecno.com – Trading saham online menjadi salah satu jenis investasi yang sangat diminati. Investasi di jaman yang seba canggih seperti sekarang ini memang begitu mudah direalisasikan. Jenis investasi konvensional yang beralih dengan cara online adalah investasi saham.

Investasi saham terkenal sebagai salah satu jenis investasi yang memberi imbal hasil tinggi. Namun, meskipun investasi ini memiliki imbal hasil yang tinggi, risiko yang dimilikinya tetap besar.

Bila bisa mengelola investasi ini dengan tepat, kamu bisa mendapatkan banyak pundi-pundi keuntungan. Cuan akan terus mengalir ke kantong hanya karena membeli saham dengan modal mulai dari Rp 100 ribuan saja.

Tips Trading Saham Online Khusus Pemula

Meskipun sepintas investasi ini sangat menguntungkan, namun tetap saja kamu harus berhati-hati ketika ingin memulai investasi saham. Berikut beberapa tips melakukan trading saham yang bisa kamu ikuti:

  1. Siapkan modal terlebih dulu

Karena akan melakukan investasi, tentu saja kamu membutuhkan modal. Melakukan trading saham, berarti kamu akan membeli saham dari sebuah perusahaan dan akan menjadi bagian dari pemilik perusahaan.

Modal investasi bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Kamu bisa mengambil modal investasi dari tabungan, atau dari gaji yang khusus disediakan untuk investasi.

Baca Selengkapnya:  Investasi Cryptocurrency Dari Nol, Begini caranya

Dalam trading saham, satuan saham ialah lot. Berarti 1 lot sebesar 100 lembar. Jika kamu memiliki modal Rp 50 juta, dan ingin membeli saham B dengan harga Rp 20 ribu per lembarnya, kamu bisa memperoleh 250 lot saham.

Harus diperhatikan, ketika melakukan trading, hindari menggunakan uang pinjaman. Apalagi jika kamu menggunakan uang pinjaman online dengan bunga tinggi. pastikan kamu menggunakan uang yang memang diperuntukkan untuk investasi.

  1. Buka rekening saham

Tanpa memiliki rekening efek, jual beli saham tidak bisa dilakukan. Oleh sebab itu, kamu harus membuat rekening saham di perusahaan sekuritas. Pastikan perusahaan yang kamu pilih sudah terdaftar OJK.

Pembuatan rekening saham bisa dilakukan secara offline maupun online. syarat membuat rekening saham relatif mudah, kamu hanya membutuhkan foto KTP, selfie serta buku rekening tabungan.

  1. Cari saham menguntungkan

Tips trading saham online selanjutnya adalah mulai mencari saham yang menguntungkan. kamu bisa merancang apa saja saham yang akan dibeli. Hindari asal memilih saham, kamu harus memperhatikannya dengan benar.

kamu bisa mencari tahu seperti apa kinerja perusahaan dari masa ke masa termasuk prospek yang dimiliki perusahaan ke depannya. Kamu dapat melihat kinerja perusahaan di website BEI.

  1. Lakukan transaksi jual dan beli saham

Ketika melakukan pembelian saham, kamu harus memperhatikan pergerakan fluktuasi faktor internal dan eksternal perusahaan. Selain itu perhatikan likuiditas perusahaan, tren pasar dan lainnya. bila ingin menjual saham, kamu harus memilih waktu terbaik.

Baca Selengkapnya:  Harga emas hari ini, Kamis 27 mei 2021

Waktu terbaik melakukan penjualan saham tentu saja ketika harganya sedang mengalami kenaikan. Setiap transaksi penjualan dan pembelian yang kamu lakukan, akan ada biaya transaksi, setiap sekuritas memiliki besaran biaya yang berbeda.

  1. Putar modal dan keuntunganmu

Keuntungan dari trading saham bisa kamu putar kembali. Dana tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli saham yang berasal dari perusahaan lain dengan prospek lebih menjanjikan.

Sehingga, ketika kamu mendapatkan kerugian dari salah satu saham, contohnya karena penurunan harga, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berasal dari saham lain.

Kunci sukses ketika bermain saham adalah memilih perusahaan sekuritas yang tepat. Kamu harus memastikan jika perusahaan sekuritas yang digunakan sebagai pilihan ialah anggota BEI serta mengantongi izin dari OJK, setelah itu kamu bisa memulai trading saham online.

 

 

 

 

Keyword: Trading saham online

Deskripsi: Trading saham online menjadi salah satu jenis investasi yang sangat diminati. Investasi di jaman yang seba canggih seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.