Tips Beli Emas Online agar Terhindar dari Investasi Bodong

Tips Beli Emas Online agar Terhindar dari Investasi Bodong

pasartecno.com – Beli emas online sekarang ini sudah menjadi hal yang umum di tengah masyarakat. Emas memang bukan hanya sekedar barang berharga dan hanya dimiliki oleh orang tertentu. Saat ini siapa saja dapat melakukan pembelian emas.

Emas yang dibeli juga bisa berbagai macam bentuk seperti emas batangan maupun emas perhiasan. Entah dari kalangan menegah ke bawah maupun ke atas, mereka bisa membeli emas bukan hanya untuk perhiasan, namun juga digunakan untuk investasi.

Ada berbagai macam cara yang dipilih untuk melakukan pembelian emas, membeli langsung ke gerai, membeli di toko perhiasan, maupun melakukan pembelian secara online. pembelian secara online saat ini memang semakin digandrungi banyak orang.

Dengan membeli secara online, kita tidak perlu lelah pergi ke toko. Cukup mengunjungi sebuah toko online atau website dengan menggunakan smartphone dan memilih emas yang akan diorder. Sayangnya, pembelian emas secara online ini sering mengandung risiko.

Tips Beli Emas Online agar Tetap Aman

Harus diakui, saat ini semakin marak akun jualan online di marketplace dengan mengunggah video maupun foto emas perhiasan namun produk aslinya tidak ada. Bahkan, pelaku tindak penipuan juga memasarkan produk dengan harga yang miring dan berbagai macam hadiah.

BACA JUGA :  Tips dan Rekomendasi Investasi Emas untuk Pemula

Sebagai konsumen, tentu saja kita langsung tergiur dengan penawaran harga dan iming-iming yang diberikan. Setelah konsumen melakukan transfer pembayaran, pelaku langsung membawa uang konsumen tanpa menyelesaikan pesanan.

Dengan adanya oknum penipu. Kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi. Agar terhindar dari kejatahan ini, berikut tips yang bisa dilakukan:

  1. Lihat reputasi penjual

Hal utama yang harus diperhatikan saat akan beli emas online adalah melihat seperti apa reputasi yang dimiliki penjual. Melihat reputasi bukan hanya penting dilakukan ketika berbelanja pakaian, namun membeli emas juga harus memperhatikan reputasi.

Kamu harus melihat keaslian barang yang dijual. Saat ini tidak sedikit penjual yang memasang foto produk desain, sehingga bukan foto asli. Oleh sebab itu, meskipun memiliki gambar yang bagus, lebih baik tidak percaya begitu saja.

Kamu juga harus melihat rating toko. Rating dapat dilihat dari nilai toko, berapa bintang toko tersebut, apakah bintang toko lebih dari 3 atau lebih dari 4. Hindari memilih toko dengan rating kecil.

  1. Biaya lain

Mirip dengan membeli produk lain, kamu sebagai pembeli juga harus melihat harga produk. Kamu bisa mempertimbangkan harga ditambah dengan ongkos kirim yang harus ditanggung. Namun, hindari membandingkan harga emas antara satu toko dengan toko lain.

Harga emas yang terlalu murah tidak bisa dipercaya begitu saja. Lebih baik bandingkan harga emas dengan website resmi penjualan emas seperti media online, perbankan dan lainnya. kamu juga bisa melihat biaya-biaya yang mungkin tidak tercantum di dalam website.

  1. Cek syarat serta ketentuan yang berlaku

Setiap toko tentu saja mempunyai syarat dan ketentuan. Contohnya ketika menerima produk, kamu harus melakukan unboxing video, jika tidak memiliki video ketika membuka paket, komplain tidak akan diterima.

BACA JUGA :  Cryptocurency Terjun Bebas, Begini Ramalan Masa Depan Kripto

Kamu harus mengetahui setiap ketentuan yang diberikan, pastikan sudah memahaminya. Ketentuan biasanya ada di bagian deskripsi produk atau catatan toko.

  1. Pastikan proses pengiriman dilakukan dengan aman

Harga emas sangat tidak murah. oleh sebab itu pastikan kembali jika proses pengiriman yang dilakukan aman. Kamu juga harus memastikan di dalam pengiriman sudah terdapat sertifikasi dan kwitansi. Kamu bisa membeli asuransi pengiriman agar lebih aman.

Jika ingin melakukan pembelian emas yang pasti aman, kamu bisa melakukan pembelian di toko online resmi. Sekarang ini banyak toko online resmi dan terpercaya untuk beli emas online.

 

 

Keyword: Beli emas online

Deskripsi: Beli emas online sekarang ini sudah menjadi hal yang umum di tengah masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *