saham

CARA INVESTASI DI SAHAM DENGAN INSTRUMEN

Berikut Deretan Keuntungan Memilih Instrumen Investasi Saham

pasartecno– Setiap bentuk investasi mempunyai keuntungan dan risiko kerugian masing-masing. Instrumen investasi dengan risiko kecil biasanya sepadan dengan hasil yang kecil pula. Sedangkan instrumen dengan risiko besar, sepadan dengan hasil yang besar pula.

Sebelum mengambil instrumen investasi tertentu, kamu wajib mempelajari peluang keuntungan dan risiko kerugiannya. Sehingga bisa membuat strategi investasi yang tepat. Pada instrumen dengan risiko kecil misalnya kamu bisa mengeluarkan banyak modal.

Sedangkan instrumen dengan risiko besar akan lebih baik jika dimulai dengan modal kecil. Salah satu instrumen yang mempunyai peluang besar ialah saham. Agar dapat memperoleh hasil maksimal harus menerapkan strategi yang tepat.

Deretan Keuntungan Mengambil Investasi Saham

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari mengambil instrumen investasi tersebut. Diantaranya adalah capital gain, dividen dan saham bonus. Meski banyak keuntungan, ingat untuk selalu mengantisipasi risiko kerugiannya.

  1. Mengenal Keuntungan Capital Gain dari Saham

Capital gain ialah keuntungan yang didapat berdasarkan selisih harga beli dan harga jual saham. Agar mendapat untung, tentu harga jual wajib lebih tinggi daripada harga beli.

Hampir sama seperti hasil yang diperoleh dari menjual barang. Pada saham, harga jual dan harga beli dapat berbeda karena pengaruh berbagai faktor. Salah satunya ialah performa perusahaan dari waktu ke waktu.

Baca Selengkapnya:  Harga emas hari ini, Kamis 27 mei 2021

Investor yang menginginkan keuntungan jangka pendek umumnya mencari capital gain melalui analisis teknikal. Sementara investor jangka panjang biasanya memilih emiten berkualitas dan memakai analisis fundamental.

  1. Memahami Hasil Lain Berupa Dividen

Keuntungan instrumen investasi tersebut tidak sekedar capital gain. Jika hanya berupa selisih harga jual dan harga beli maka tidak jauh berbeda dengan jual beli barang. Dividen ialah keuntungan yang diberikan oleh perusahaan.

Dividen disampaikan oleh perusahaan kepada para investor melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Umumnya dalam bentuk uang tunai rupiah sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Selain uang tunai dapat juga berupa saham.

  1. Keuntungan Terakhir Berupa Saham Bonus

Hampir sama seperti dividen, saham bonus diberikan oleh perusahaan. Namun tidak semua investor mendapat keuntungan tersebut. Indikatornya adalah agio saham. Agio ialah selisih antara harga jual terhadap harga normal saham.

Selisih tersebut dihitung saat perusahaan melaksanakan penawaran umum di pasar perdana. Hal tersebut menjadi daya pikat bagi para investor untuk membeli instrumen investasi tersebut. Sehingga perusahaan mendapat lebih banyak investor.

Setelah memahami keuntungan mengambil instrumen investasi ini, kamu dapat mempersiapkan strategi untuk melakukan investasi. Tidak ada investasi yang menguntungkan tanpa strategi matang. Selain itu juga perlu menganalisis performa perusahaan terkait.

 

 

 

 

 

 

Metadeskripsi: Sebelum mengambil investasi saham, kamu wajib mempelajari peluang keuntungan dan risiko kerugiannya. Sehingga bisa membuat strategi investasi terbaik.

Baca Selengkapnya:  Melihat Mata Uang Digital di Masa Depan

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.