pasartecno

Investasi di Bitcoin, Apakah Ada Risikonya?

pasartecno.com – Saat ini, Bitcoin telah mengubah pandangan terhadap dunia investasi. Dulu, investasi hanya berlaku bagi saham, emas, dan instrumen lain. Namun, saat ini uang digital telah menjadi salah satu diantaranya.

Dulu, tidak ada yang menyangka bahwa mata uang digital seperti Bitcoin memiliki valuasi pasar menjanjikan. Sejak Desember 2017 lalu, banyak orang yang sudah mulai terbuka potensi keuntungan investasi uang digital.

Namun, setiap instrumen investasi pasti tidak akan lepas dari risiko. Meskipun tingkat risikonya kecil, tetapi hal tersebut patut diperhatikan. Itulah alasan mengapa banyak orang gagal dalam investasi ini.

Bitcoin Memiliki Volalitas yang Tinggi

Sudah bukan lagi rahasia umum bahwa Bitcoin dan kripto lain memiliki volalitas tinggi. Kenaikan tajam yang dimulai sejak 2017 lalu membuatnya langsung menarik banyak investor dunia.

Dalam beberapa tahun, kenaikan harganya telah mencapai ribuan persen. Pada tahun 2017, nilainya masih belasan juta rupiah. Namun, di pertengahan 2021 nilainya telah menyentuh angka 500 juta rupiah.

Namun, kenaikan yang tinggi juga memiliki risiko tersendiri. Kenaikan tajam biasanya juga dibarengi dengan penurunan tajam. Hal ini juga pernah terjadi pada Bitcoin dan kripto lain selama beberapa kali.

Sebut saja pada awal 2021 yang nilai Bitcoin hampir mencapai Rp1 M/BTC. Namun, nilainya kemudian langsung anjlok hingga separuh. Pertengahan 2021 saja nilainya anjlok ke sekitar Rp 500 jutaan/BTC.

BACA JUGA :  Untung Rugi Bermain Investasi di Pasar Obligasi

Aset Spekulatif yang Menjadi Dasar

Mata uang kripto seperti Bitcoin dan sebagainya pada dasarnya adalah aset spekulatif. Artinya, pergerakan harganya tidak bisa diprediksi dengan mudah. Apalagi sifatnya yang tidak menggunakan pihak ketiga.

Untuk memudahkan investor, koin kripto dilambangkan berdasarkan kode token masing-masing. Nilainya sendiri sebenarnya tidak tergantung pada pengaruh inflasi. Jadi, nilainya cenderung bergantung pada sentimen pasar.

Namun, karena tidak ada underlying maka ketika terjadi penurunan harga, Bitcoin cenderung langsung anjlok. Sedikit saja sentimen negatif pasar bisa menguapkan banyak investasi dari berbagai investor.

Namun, jika melihat perkembangan di masa depan, potensi Bitcoin dan kripto lain sangat menjanjikan. Transaksi digital yang semakin hari semakin berkembang akan mendukung investasi bitcoin.

Memang ada untung rugi ketika ingin melakukan investasi pada Bitcoin. Namun, keuntungan besar didapatkan dari risiko besar. Jadi wajar jika risiko invesasi pada Bitcoin sangat tinggi.

 

 

Deskripi: bitcoin adalah salah satu koin kripto yang sangat populer. Karena kepopulerannya, banyak orang melakukan investasi pada koin tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *