pasartecno

Tips dan Rekomendasi Investasi Emas untuk Pemula

pasartecno.com – Investasi emas memang tidak pernah surut setiap tahunnya. Bahkan, jumlah investor dalam instrumen ini terus meningkat sepanjang tahun. Bukan hanya bagi para pebisnis, melainkan juga masyarakat umum.

Jika dilihat dari berbagai aspek, logam mulia selalu menempati urutan atas sebagai instrumen investasi. Emas menjadi logam dengan popularitas tertinggi untuk menyimpan uang. Itulah mengapa banyak orang ingin sekali memilikinya.

Namun, sebelum memutuskan untuk menyimpan uang dalam bentuk emas, sebenarnya ada beberapa hal penting. Beberapa hal ini bisa memaksimalkan tujuan menyimpan uang untuk keperluan di masa mendatang.

Memahami Tujuan Supaya Tidak Kehilangan Nilai Uangnya

Semua orang yang menabung tujuannya supaya tidak kehilangan nilai uangnya. Misalnya, jika sekarang menabung sebesar Rp20 juta, maka tahun depan tidak boleh tabungan tersebut menjadi Rp10 juta.

Instrumen yang tepat untuk menjaga nilai uang tersebut adalah emas. Logam mulia ini hampir tidak pernah terkena dampak dari adanya inflasi. Bahkan, nilainya cenderung meningkat dalam momen tertentu.

Hal seperti ini perlu dipahami oleh setiap orang sebelum menyimpan uang dalam bentuk emas. Apalagi, logam mulia ini terdiri dari 2 bentuk. Ada emas perhiasan dan ada juga emas batangan.

Namun, kebanyakan orang lebih memilih investasi pada bentuk batangan. Harga yang tidak terpotong biaya produksi bisa menghemat biaya. Jadi dana yang tersimpan bisa lebih besar untuk masa depan.

BACA JUGA :  Investasi di Bitcoin, Apakah Ada Risikonya?

Mengenali Kredibilitas Perusahaan yang Dipilih

Perlu diperhatikan bahwa setiap perusahaan pembuat emas perlu mendapatkan sertifikasi khusus. Tanpa sertifikasi ini maka perusahaan tersebut tidak berhak mengeluarkan dan mendistribusikan logam mulia tersebut.

Hal ini mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Namun, faktanya banyak penipuan yang mengatasnamakan investasi emas. Itulah mengapa setiap orang perlu mengenali kredibilitas perusahaan yang mengeluarkan emas tersebut.

Memilih Ukuran yang Akan Dikelola

Tidak semua logam mulia bisa menjadi aset yang mudah dikelola. Faktanya, emas ukuran 10gr dan 25gr adalah yang paling mudah dikelola. Ukuran tersebut bisa dengan mudah diperjualbelikan kembali.

Memang tidak ada patokan pasti harus memilih ukuran berapa. Namun, ukuran juga penting untuk memudahkan transfer aset di masa depan. Jadi, pilih dengan baik ukuran logam mulia tersebut.

Melakukan investasi dalam bentuk emas memang salah satu pilihan yang tepat. Nilainya yang hampir tidak terpengaruh oleh inflasi menjadikannya minim risiko. Jadi, kekayaan tidak akan mengalami kekurangan.

 

 

Deskripsi: emas adalah salah satu instrumen investasi yang cukup banyak diperdagangkan. Nilainya cenderung stabil dan jarang mengalami penurunan, bahkan ketika inflasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *